BABI
PENDAHULUAN
1.1LATARBELAKANG
Didalam era abad 21 ini rasanya tidaklah mungkin kita tidak mengenal apa itu
internet, hamper setiap orang sudah mengenalnya dari anak-anak sampai orang
dewasa sudah banyak yang mengenalnya. Namun, sangat sedikit dari mereka yang
mengetahui secara rinci dan pasti bagaimana internet itu bias digunakan dan
bekerja. Di dalam makalah ini kami akan mencoba untuk mengupas permasalahan
tersebut secara rinci, walaupun masih ada kekurangan dan kelemahan.
Khususnya bagi para mahasiswa, kiranya makalah ini akan dapat menjadikan suatu
rujukan atau referensi bagi peningkatan penguasaan teknologi dan informasi.
Dalam makalah ini akan dibahas tentang web server atau yang lebih dikenal
dengan web hosting yang merupakan aplikasi terpenting dalam internet, kemudian
dilanjutkan dengan mail server yang sangat berguna bagi para user sebagai
sarana berbagi informasi dan lain-lain, selanjutnya kami juga akan membahas
tentang e-learning yang merupakan suatu metode terbaru dalam dunia pendidikan
yang menggunakan internet sebagai pembelajaran on line. Dilanjutkan pembahasan
tentang e-commerce yang sangat berguna bagi dunia bisnis yang mampu mempercepat
dan mempermudah transaksi bisnis, kemudian e-banking yang merupakan kemajuan
bagi dunia perbankan, dan yang terakhir adalah video streaming yang merupakan
sarana untuk melihat video secara on line.
1.2 BATASANMASALAH
Dalam pembahasan makalah ini kami akan menguraikan tentang :
1. Webserver,
2. Mailserver,
3. E-learning,
4. E-commerce,
5. E-banking,
6. Videostreaming.
1.3 TUJUANDANMANFAAT
Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar
Teknologi Informasi semester ganjil tahun akademik 2008/2009, serta untuk
mengetahui lebih lanjut tentang aplikasi-aplikasi yang digunakan dalam
internet.
Diharapkan manfaat dari pembahasan ini adalah dapat menambah pengetahuan kita
tentang aplikasi-aplikasi internet, sehingga kita tidak hanya bias menggunakan
internet tanpa tahu apa internet itu sebenarnya http://copasmakalah.blogspot.co.id/2011/10/makalah-aplikasi-internet.htmldan tentunya bias dijadikanbahanreferensipembelajaran.
BABII
PEMBAHASAN
2 WEBSERVER
2.1 Pengertian
Server web adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima
permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan
mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya
berbentuk dokumen HTML. Server web yang terkenal diantaranya adalah Apache dan
Microsoft Internet Information Service (IIS). Apache merupakan server web
antar-platform, sedangkan IIS hanya dapat beroperasi di sistemoperasiWindows.
2.2 TeknikInstalasWebServer
Dalam pembahasan ini kami akan mengambil contoh teknik instalasi web server
menggunakan windows 98, karena keterbatasan kami dalam memperoleh referensi
sehingga kami tidak bisa menghadirkan pembahasan dalam system operasi
windows200atauwindows XP
Pada kesempatan ini akan di jelaskan, teknik instalasi beberapa Web server di
Windows 98, yaitu:
· Personal Web Server (PWS) –
http://www.studiodeluxe.net/pws/index.htm. Atau di CD Microsoft Windows 95/98
original, directory Add-ons/pws.
· Xitami – http://www.xitami.com
· Sambar – http://www.sambar.com.
· Apache – http://www.apache.org
Binary file yang dibutuhkan untuk instalasi beserta dokumentasinya dapat
diambil secara gratis pada URL terlampir di atas.
Pada kesempatan ini, skenario sederhana yang dikembangkan adalah sebuah server
yang akan menservis dengan sebuah situs web saja. Web tersebut dapat di
akses secara lokal di komputer server, atau melalui LAN dari workstation di
IntraNet (bukan Internet).
Agar situs Web tsb. dapat di kenal & di akses di Internet, maka yang harus
dilakukan adalah:
· Memasang PC Web server di jaringan yang tersambung 24 jam
ke Internet. Biaya operasional / telekomunikasi akan meningkat drastis, di
samping kemungkinan di hack.
· Registrasi domain Web ke registrar di Internet sesuai
dengan IP address yang digunakan & diperoleh dari ISP.
Terus terang, untuk versi produksi Web server di Internet, biasanya kita
menggunakan Linux / UNIX dengan software apache web server yang terkenal handal
sekali & aman. Paling tidak Web server di Windows, cukup baik untuk
keperluan IntraNet, deveopment web di local server & belajar.
Sebelum instalasi Web server dilakukan, TCP/IP pada PC harus di set lebih dulu.
Pada Windows 98 tersedia di Start à Settings à Control Panel à Network.
Secara umum proses instalasi berbagai paket program Web server ini sangat
sederhana sekali. Biasanya terdiri dari beberapa kali klik next & finish.
File HTML yang telah kita edit dapat di letakan di directory yang telah di
tentukan sebelumnya. Selanjutnya, situs kita biasanya dapat dilihat menggunakan
browser (seperti Internet Explorer) secara local pada alamat http://localhost
atau http://127.0.0.1.
Tentunya banyak fasilitas yang di sediakan paket program Web server, terutama
untuk menangani programming Common Gateway Interface (CGI), statistik dll.
Semua bagian integral dari adminitrasi situs Web.
PWS adalah personal Web server yang lumayan lah untuk belajar. Untuk keperluan
produksi di Internet, sebaiknya menggunakan Internet Information Server (IIS)
yang ada di CD WindowsNT. PWS dapat di peroleh di dalam CD Microsoft Windows
95/98 original, direktori Add-ons atau
http://www.studiodeluxe.net/pws/index.htm.
Proses instalasi sangat sederhana sekali, yaitu:
a. Masukan CD Windows 98, masuk ke directory add-ons/pws.
b. Jalankansetup.exe.
c. Klik Next sekitar 4-5 kali untuk menyelesaikan semua
proses instalasi.
d. Pada saat instalasi pilih instalasi typical & directory
c:\inetpub\wwwroot sebagaitempat menyimpan file HTML.
e. Setelah semua selesai terinstalasi reboot komputer.
PWS sudah langsung beroperasi & dapat di akses pada http://localhost atau
http://127.0.0.1. File HTML anda perlu dimasukan ke directory
c:\inetpub\wwwroot. Berbagai fasilitas PWS dapat dilihat pada properti PWS yang
dapat di akses dari icon di kanan bawah pada desktop Windows.
Fasilitas administrasi PWS sangat naif sekali, praktis tidak ada. Ada beberapa
informasi tentang statistik Web yang mungkin berguna untuk melihat trafik
server. Dua hal yang sangat membantu pada PWS untuk pengguna perorangan adalahfasilitas:
a. Publish
b. Website.
Dengan fasilitas Web site, seseorang menjadi sangat di bantu untuk membuat
situs Web pribadinya. Template-template yang sangat berguna untuk membuat situs
Web pribadi di sediakan di fasilitas Web site. Yang kita perlu lakukan hanya
meng klik >> dan mengisi berberapa informasi.
Fasilitas publish
sangat memudahkan untuk mempublikasikan Web yang kita buat ke situs Web yang
sebenarnya yang beroperasi di Internet. Seperti biasanya kita di manjakan
dengan kemudahan meng-klik & mengisikan sedikit informasi sedangkan untuk
sisa pekerjaan yang ada akan di kerjakan oleh PWS.
Xitami
Xitami adalah web server untuk beberapa sistem operasi, baik Windows 3.x,
Windows 9x, Windows NT, OS/2, Digital OpenVMS, serta UNIX dan variannya. Xitami
dapat di ambil di beberapa tempat seperti http://www.imatix.com,
http://www.xitami.com maupun mirror site-nya di ftp.nlbox.com/xitami (US),
http://users.skynet.be/sky3743 (Belgia), http://mmc.unam.mx/server/ (Mexico),
dan http://std.siamu.ac.th/imatix (Thailand). Untuk Windows98 anda membutuhkan
file bw3224d9.exe untuk Xitami versi 2.4d9, sukur-sukur jika memperoleh versi
terbaru.
Proses instalasi sangat sederhana sekali, yaitu:
a. Jalankan bw3224d9.exe.
b. Tekan Next sekitar 6 kali maka Xitami akan terinstall di
c:/xitami.
c. Yang perlu anda masukan hanya username & password
untuk adminitrator Web.
Properties Xitami terdapat pada pojok kanan bawah, yang jika di klik akan
tampak seperti pada gambar.
Setup Xitami dapat dengan mudah dengan meng-klik tombol setup pada property
Xitami di atas dan masukan username & password administrator Xitami yang
tadi kita isikan pada waktu meng-install server.
untuk aplikasi
standar, setup-nya terdapat di bagian configuration. Bagi anda yang cukup
advance dapat mulai mengkutak-katik fasilitas virtual host di Xitami yang
memungkinkan sebuah server Web Xitami melayani beberapa situs Web sekaligus
secara virtual. Tampak pada gambar adalah fasilitas configuration yang normal
dari Xitami.
Terlihat dari
konfigurasi standar Xitami, maka file HTML diletakan pada webpages (atau
c:/xitami/webpages). Sedang script / program Common Gateway Interface (CGI)
diletakan pada directory cgi-bin (atau c:/xitami/cgi-bin). Beberapa contoh
program CGI diberikan oleh Xitami ada di directory c:/xitami/cgi-src.
Dokumentasi Xitami terdapat di halaman c:/xitami/webpages yang bisa di baca
menggunakan browser anda pada http://localhost atau http://127.0.01. Yang
menarik Xitami memberikan fasilitas FTP server untuk upload file melalui
Internet, setting FTP ada file c:/xitami/ftp*.
Sambar
Sambar merupakan Web server yang jauh lebih kompleks di bandingkan Xitami &
PWS. Salah satu fasilitas yang saya paling suka dari sambar adalah adanya
search engine, selain virtual server dll. Sambar merupakan freeware (gratis)
yang dapat di download di http://www.sambar.com.
Proses instalasi sangat sederhana sekali, yaitu:
a. Ekstrak file sambar*.zip yang di download dari www.sambar.com
b. Jalankan setup.exe.
c. Klik Next sekitar 4-5 kali untuk menyelesaikan semua proses instalasi.
d. Pada saat instalasi pilih instalasi typical.
e. Setelah selesai sambar akan tersimpan di directory c:\sambar50.
Sambar sudah langsung beroperasi & dapat di akses pada http://localhost
atau http://127.0.0.1. File HTML anda perlu dimasukan ke directory
c:\sambar50\docs. Status / kondisi server dapat dengan mudah dilihat pada icon
sambar yang ada di pojok kanan bawah di desktop anda. Tampak pada gambar adalah
properti icon sambar jika kita klik, semua transaksi Web yang terjadi dapat
dengan mudah terlihat.
Berbagai dokumentasi
& administrasi Sambar dapat di akses melalui Web pada http://localhost atau
http://127.0.0.1 seperti tampak pada gambar. Saya sangat menyarankan untuk
membaca baik-baik dokumen yang ada sebelum secara serius menjalankan Sambar.
Untuk melihat administrasi Web server Sambar, dapat di-klik kata-kata “System
Administration” dan masukan user admin, password kosong.
Fasilitas administrasi
yang demikian kompleks dapat kita lihat setelah memasukan username admin &
password kosong pada link “System Administration”. Yang jelas akan banyak kita
pakai adalah Server Configuration, System Management, User Configuration &
Search Engine.
Beberapa hal seperti
virtual host yang akan sangat bermanfaat untuk Web Server yang multihoming
telah sangat dimudahkan setup-nya.
Apache
Apache merupakan Web server open source yang tersedia di berbagai platform,
termasuk Linux & Windows. Web server ini terkenal cukup handal dan banyak
digunakan oleh sebagian besar Website yang ada di Internet. Selain kuat dan
tangguh, Apache juga dapat diperoleh dengan gratis. Namun kekurangannya di
bagian tampilan grafis mengharuskan Anda untuk memahami dasar-dasar konfigurasi
dan instalasi secara teks. Apache biasanya telah disertakan dalam setiap
instalasi sistem operasi berbasis Linux. Apache bisa diperoleh di
http://www.apache.org.
Proses instalasi sangat sederhana sekali, yaitu:
a.Ambil file distribusi Apache untuk Win32 di
http://www.apache.org/dist/binaries/win32. Biasanya berupa file exe yang siap
di instal.
b.JalankanfileexeApache.
c. Klik Next sekitar 4-5 kali untuk menyelesaikan semua proses instalasi.
d.Padasaat instalasi pilih instalasi typical.
e. Setelah selesai Apache tersimpan di directory c:\program files\apache
group\apache.
Bagian yang paling menyebalkan bagi pengguna fanatik Windows adalah mengedit
file konfigurasi Apache di c:\program files\apache group\apache\conf\.
Gunakan teks editor untuk mengedit file httpd.conf. Beberapa parameter yang
mungkin perlu di ubah seperti:
Setelah itu, Web
server Apache sudah dapat Anda gunakan. Buka Web browser dan tulis
http://127.0.0.1/ atau http://localhost/ pada kotak alamat untuk memastikan Web
server sudah aktif dan bisa menampilkan halaman Web default.
Apache mempunyai banyak fasilitas termasuk virtual host yang dapat di set
melalui httpd.conf.
Berikut ini akan kami rangkumkan secara umum konfigurasi web server
Langkah–langkahkonfigurasiwebServer
A.MendefinisikanWebSite
1. Jalankan program Internet Service Manager yang telah terinstal di komputer
server dengan cara klik tombol Star > Program > Administrative Tools >
Internet Service Manager.
2. Dari tampilan program IIS, kemudian buat sebuah web site dengan langkah klik
tombol action hingga muncul menu, lalu pilih New >>Web Site.
3. Kemudian muncul ucapan selamat datang pada program panduan (wizard) untuk
membuat web site , lalu pilih tombol Next hingga muncul tampilan.Untuk bagian
description isi nama web site yang akan kita buat, misalnya : movingcel.com
lalu pilih next :
4. Selanjutnya pilih tombol next, hingga muncul tampilan menu untuk pemilihan
IP Address dan nomor port untuk web site,
5. Pada langkah berikutnya pilih tombol Next, hingga muncul menu untuk memilih
lokasi direktori tempat menyimpan data data web site. dengan Lokasi direktori
data web site di c:\inepub\wwwroot
6. Berikutnya pilih tombol Next, hingga muncul tampilan pengaturan hak akses
web seperti . Pilih dengan memberi tanda centang. Saat ini kita pilih read, run
script, excekute dan browse.
7. Selanjutnya pilih tombol Next, hingga muncul konfirmasi bahwa proses
pembuatan web site secara terpandu sudah selesai, lalu tekan tombol finish
untuk mengakhirinya
8. Setelah menekan tombol finish, maka akan kelihatan pada program IIS akan
muncul nama web site yang dibuat dengan sejumlah file dan direktori yang ada.
2.4.MengkonfigurasiServerExtensions
Setelah pendefinisian web site selesai, maka dilanjutkan dengan pengaturan konfigurasi
server extension. Dengan langkah sebagai berikut :
1. Dari menu IIS, kemudian pilih dan klik tombol action >> All Tasks
>> Configure Server Extension, hingga muncul tampilan Pengaturan server
extension di IIS
2. Kemudian muncul tampilan selamat datang pada program server extension
configurations,
3. Kemudian pilih Next, hingga muncul tampilan pembuatan kelompok windows
seperti tampak
4. Pilih Next, hingga muncul menu pemilihan administrator sebagai orang yang
punya hak pengelolaan web site,
5. Pilih Next, sehingga akan muncul tampilan untuk pengisian email server .
Pada dialog ini kita pilih No, I’ll do it latter. Hal ini karena pada Windows
2000 server belum dilengkapi dengan program mail server. Sehingga untuk
penggunaan email, perlu bantuan program yang lain.
6. Selanjutnya kita pilih Next, hingga muncul tampilan finish yang
menginformasikan bahwa kegiatan konfigurasi server extension sudah selesai,
1. Mengkonfigurasi DNS (Domain Name Sytem ) Server
DNS merupakan suatu protocol yang berfungsi untuk menjembatani antara alamat
jaringan dalam bentuk IP addres yang berupa angka – angka menjadi kata – kata
yang mudah di ingat dan dapat menjadi identitas dari suatu lembaga. Dalam
konfigurasi DNS Server ini terdiri dari dua kelompok,yaitu :
A.MendefinisikanNew Zone
1. alankan program DNS dengan cara pilih tombol Start >> Program >>
Administrativ Tools >> DNS,
2. Buat New Zone dengan cara klik Action lalu pilih New,
3. Sehingga akan muncul tampilan ucapan selamat datang dalam pembuatan new zone
seperti (New Zone Wizard)
4. Pilih Next, hingga muncul tampilan pemilihan zone type lalu pilih standard
primary
5. Pilih Next, hingga muncul tampilan pengisian nama zone yang mau dibuat.
Ketik uad.ac.id,
6. Pilih Next, hingga akan tampil nama file uad.ac.id. dns sebagai tanda telah
berhasil pembuatan zone baru uad.ac.id,
7. Pilih Next, sehingga akan muncul informasi bahwa pembuatan zone baru secara
terpandu telah selesai, lalu tekan tombol finish untuk mengakhiri proses
pembuatan zone uad.ac.id, 8. Setelah tombol finish ditekan, maka akan tampil
jendela zone yang sudah dibuat uad.ac.id
B.MendefinisikanNewHost
Dalam pendefinisian new host ini dimaksudkan agar alamat web menjadi komplit
dari yang movingcel.com menjadi www.uad.ac.id. Langkah langkah pembuatan new host
adalah sebagai berikut :
1. Dari tampilan DNS kemudian cari nama web site yang sudah dibuat dalam zone
create,
2. Dari tampilan DNS kemudian pilih tombol action atau pilih uad.ac.id kemudian
klik kanan hingga muncul menu pop up, lalu klik new host.
3. Pilihan pembuatan new host akan memunculkan menu new host lalu kit isi name
: www dan ip address : 192.168.1.1f hx dmiyrl
4. Lalu pilih tombol Add Host lalu tekan tombol Done, sehingga jika proses
pembuatan berhasil akan muncul tampilan yang memberikan informasi bahwa
pembuatan new host telah sukses,
5.Kemudian muncul tampilan lanjutan pembuatan new host
6.Dengan menekan tombol done, maka akan muncul menu DNS dengan tambahan www
pada bagian forward zone uad.ac.id,
2.Melakukan pengaturan property web site
Pengaturan ini dimaksudkan agar setiap kita mengakses web site dengan
mengetikan alamat www.uad.ac.id pada address bar program browser (internet
explorer) maka server akan mengarahkan kita untuk membuka file index.html
sebagai halaman utama web site tersebut. Langkah pengaturan web site sebagai
berikut:
1. Masih dari program IIS, kemudian pilih nama web site yang ada : uad.ac.id
lalu pilih tombol action, hingga muncul menu pop up lalu klik tombol properties
.
2. Pemilihan menu properties pada uad.ac.id akan memunculkan dialog properties.
3. Pilih tab Documents untuk pembuatan file index.html dengan cara pilih tombol
add lalu ketik nama file : inde.html pada kotak isian.
Pembuatan file index.html sudah berhasil, tampak pada gambar dengan posisi
masih dibawah, sehingga perlu digeser keatas dengan menekan tombol naik di
sebelah kiri nama file hingga berada paling atas seperti gambar .
4. Proses pengaturan web site
uad.ac.id sudah selesai, lalu tekan tombol ok maka web site sudah dapat di
jalankan dengan cara membuka program browser (internet explorer) dari komputer
server dan komputer yang lain, lalu pada bagian address bar ketik :
http://www.uad.ac.id Jika mampu program browser mampu menampilkan halaman
index.html, maka proses konfigurasi web server (IIS) dan DNS server telah
berhasil. Jika belum maka ulangi langkah- langkah tersebut diatas dengan teliti
dan hati – hati.
2.5MAILSERVER
2.5.1.Pengertian
Email atau kalau dalam istilah Indonesia, surat elektronik, adalah aplikasi
yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui
alamat elektronik di internet. Para pengguna email memilki sebuah mailbox
(kotak surat) elektronik yang tersimpan dalam suatu mailserver. Suatu Mailbox
memiliki sebuah alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan mailbox
lainnya, baik dalam bentuk penerimaan maupun pengiriman pesan. Pesan yang
diterima akan ditampung dalam mailbox, selanjutnya pemilik mailbox
sewaktu-waktu dapat mengecek isinya, menjawab pesan, menghapus, atau menyunting
dan mengirimkan pesan email.
Layanan email biasanya dikelompokkan dalam dua basis, yaitu email berbasis
client dan email berbasis web. Bagi pengguna email berbasis client, aktifitas
per-emailan dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak email client, misalnya
Eudora atau Outlook Express. Perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi
penyuntingan dan pembacaan email secara offline (tidak tersambung ke internet),
dengan demikian, biaya koneksi ke internet dapat dihemat. Koneksi hanya
diperlukan untuk melakukan pengiriman (send) atau menerima (recieve) email darimailbox.
Sebaliknya, bagi pengguna email berbasis web, seluruh kegiatan per-emailan
harus dilakukan melalui suatu situs web. Dengan demikian, untuk menggunakannya
haruslah dalam keadaan online. Alamat email dari ISP (Internet Service
Provider) umumnya berbasis client, sedangkan email berbasis web biasanya
disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis seperti Hotmail
(www.hotmail.com) atau YahooMail (mail.yahoo.com) dan inilah yang disebut
denganmailserver.
2.5.2MailingList
Beberapa pengguna email dapat membentuk kelompok tersendiri yang diwakili oleh
sebuah alamat email. Setiap email yang ditujukan ke alamat email kelompok akan
secara otomatis diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Kelompok semacam
ini disebut sebagai milis (mailing list). Sebuah milis didirikan atas dasar
kesamaan minat atau kepentingan dan biasanya dimanfaatkan untuk keperluan diskusi
atau pertukaran informasi diantara para anggotanya. Saat ini, salah satu server
milis yang cukup banyak digunakan adalah Yahoogroups
(www.yahoogroups.com).
2.5.3.SejarahE-mail
Pada mulanya sistem email hanya dapat digunakan untuk mengirim informasi dalam
bentuk teks standar (dikenal sebagai ASCII, American Standard Code for
Information Interchange). Saat itu sukar untuk mengirimkan data yang berupa
berkas non-teks (dikenal sebagai file binary). Cara yang umum dilakukan kala
itu adalah dengan menggunakan program uuencode untuk mengubah berkas binary
tersebut menjadi berkas ASCII, kemudian baru dikirimkan melalui e-mail. Di
tempat tujuan, proses sebaliknya dilakukan. Berkas ASCII tersebut diubah
kembali ke berkas binary dengan menggunakan program uudecode. Cara ini terlalu
kompleks (tidak terintegrasi dengan sistem email).
Belakangan dikembangkan standar baru yang disebut MIME (Multipurpose Internet
Mail Extensions). Standar ini diciptakan untuk mempermudah pengiriman berkas
dengan melalui attachment. MIME juga memungkinkan sebuah pesan dikirimkan dalam
berbagai variasi jenis huruf, warna, maupun elemen grafis. Walaupun nampak
menarik, penggunaan MIME akan membengkakkan ukuran pesan email yang dikirimkan.
Hal ini jelas akan memperlambat waktu yang dibutuhkan untuk mengirim maupun
menerima pesan. Dalam hal ini, ada anjuran agar sedapat mungkin menggunakan
format teks standar dalam penyuntingan email. Gunakan MIME hanya untuk
pesan-pesan tertentu yang memang membutuhkan tampilan yang lebih kompleks.
Dan dalam perkembangan mutakhir saat ini layanan e-mail tidak hanya melayani
surat menyurat saja, tetapi juga transfer file dalam bentuk attachment atau
lampiran, yang bisa berupa file audio video, office, dan lain-lain. Selain itu
sebuah mail server sekarang juga membuat sebuah mail client yang multi fungsi.
Sebuah mail client tidak hanya berisi inbox saja tetapi juga terdapat fungsi
lain seperti chat, web cam, call, yang semua itu bisa dijalankan dengan
aplikasi mail client seperti Yahoo messenger.
Akan tetapi yang menjadi permasalahan hingga saat ini adalah masalah security
dari mail client itu sendiri. Ibarat sebuah dompet yang didalamnya ada STNK,
SIM, KTP dan lain-lain, sehingga apabila orang yang tidak bertanggung jawab
mencuri atau membobol email seseorang, maka tentunya ia juga dapat menggunakan
fasilitas yang lain dari mail client tersebut.
2.6E-LEARNING
Dalam pembahasan ini kami akan membahas system e-learning yang dilaksanakan di
MTI UGM, yang kami ambil referensinya dari situs http://mti.ugm.ac.id/. Semoga
dari pembahasan ini dapat memberikan gambaran yangjelastentane-learning.
SistemE-learningMTIUGM
2.6.1.ElemenpendukungSistemE-Learning
Suatu sistem pembelajaran tentu tidak akan terlepas dari materi pelajaran,
pengajar, peserta serta evaluasi. Hal yang sama juga berlaku pada sistem
pembelajaran jarak jauh ini, hanya saja proses belajar mengajar dilaksanakan
melalui media web. Perkuliahan pada sistem E-Learning MTI UGM dibagi ke dalam
beberapa mata kuliah. Setiap mata kuliah terdiri atas beberapa modul dengan
satu modul dapat terdiri atas banyak topik. itu sendiri dapat digambarkan
secara sederhana sebagai berikut:
Sistem pembelajaran
jarak jauh ini juga dilengkapi dengan fasilitas untuk melakukan evaluasi dengan
peserta pembelajaran. Selain itu juga terdapat fasilitas upload dan juga
download artikel ataupun materi perkuliahan yang dapat dilakukan baik oleh
dosen maupun peserta pembelajaran.
Secara umum pengguna sistem ini terdiri atas dosen dan peserta pembelajaran.
Masing-masing pengguna memiliki fasilitas dan kemampuan pengaksesan data yang
berbeda. Dosen memiliki wewenang untuk melakukan perubahan dan penambahan
materi kuliah serta soal evaluasi. Sementara peserta pembelajaran bisa
mengakses materi kuliah secara langsung ataupun melalui proses download.
2.6.2.BasisDataSistemE-Learning
Sistem basis data E-Learning MTI UGM merupakan basis data relasional, dimana
dalam implementasinya menggunakan MySQL sebagai DBMS. Pada awalnya basis data
web MTI terdiri atas 8 tabel yaitu tabel dosen, mahasiswa, kuliah, modul,
konektor1, konektor2, topik dan file_materi. Berdasarkan fungsinya
masing-masing, tabel-tabel tersebut dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1.dosendanmahasiswa
Berisi informasi lebih lanjut mengenai pengguna sistem yaitu dosen dan
mahasiswa.
2.kuliahdanmodulTabel-tabelini membentuk rantai perkuliahan.
3.file_materidantopikPada tabel ini ditentukan lokasi materi perkuliahan
beserta penamaan file.
4.konektordankonektor2Tabel ini berfungsi sebagai penghubung bagi 2 tabel yang
memiliki relasi. Tabel konektor1 menghubungkan antara mahasiswa dengan kuliah
sedangkan tabel konektor2 menghubungkan antara dosen dengan kuliah.
Dalam perkembangannya, terjadi penambahan fasilitas pada sistem E-Learning MTI
UGM yang mengakibatkan perubahan pada basis data secara keseluruhan. Beberapa
fasilitas yang ditambahkan adalah:
1.fasilitas upload dan download file materi kuliah
2.penyertaan evaluasi bagi mahasiswa dalam bentuk ujian
Penambahan fasilitas di atas mengakibatkan terjadinya penambahan tabel dalam
basis data. Beberapa tabel yang ditambahkan diantaranya adalah:
1.file_tambahanBerisi informasi mengenai file yang dapat didownload
2.file_tambahan_eksBerisi informasi mengenai file yang berhubungan dengan
topikperkuliahan
3.file_subfolderBerisi informasi file yang dapat didownload yang terletak pada
lokasi tertentu
4.direktor_tambahanTabel ini merupakan hasil dari adanya penambahan fasilitas
dalam web yaitu pembuatan direktori untuk menaruh file yang dapat didownload.
5.soal_mc
Analisa Basis Data Sistem E-Learning MTI UGM
1.TabelBasisDataBasis data sistem E-Learning MTI UGM apabila kita terjemahkan
memiliki kegiatan/aktifitas sebagai berikut:
1.dosenmengajarmatakuliah,
2.mahasiswamengambilmatakuliah,
3.matakuliahyangterdiri atas modul,
4.modulyang memiliki topik
5.topikyang dilengkapi file yang dapat didownload,
6.topik yang memiliki evaluasi bagi mahasiswa.
Kegiatan tersebut dapat ditransformasikan ke dalam diagram relasi entitas
(entity relationship) atau biasa disebut diagram E-R. Ã
buat diagram ER?
Apabila kita mencocokkan aktifitas yang ada pada sistem dengan basis data yang
ada akan terlihat kejanggalan. Walaupun sistem dapat berjalan dengan baik,
tetapi dari sisi teori, fungsionalitas dan kemudahan, basis data ini patut
dipertanyakan. Salah satu hal yang janggal adalah apabila kita membandingkan
aktifitas nomor 5 dengan basis data pada. Ada 4 tabel yang sebenarnya memiliki
fungsi yang sama dan dalam hal ini tidak perlu dipisah yaitu file_materi,
file_tambahan, file_tambahan_eks, dan file_subfolder. Pemisahan tabel hanya
akan membuat basis data terlihat menjadi sangat rumit dan dengan alasan yang
tidak begitu jelas.
Sistem E-Learning juga memberikan fasilitas bagi pengguna (dalam hal ini dosen)
untuk melakukan manajemen pengorganisasian file yang akan di-upload dengan cara
pengguna dapat membuat suatu direktori baru. Fasilitas ini tidak terlalu
diperlukan karena sebenarnya secara otomatis setiap mata kuliah akan diberikan
folder tertentu untuk melakukan penyimpanan file oleh administrator sistem.
Namun apabila memang diperlukan maka sebaiknya dilakukan perubahan pada tabel
direktori_tambahan. Hal ini dikarenakan secara konsep direktori yang dibuat
berhubungan dengan topik serta file yang akan didownload. Dimana satu topik
memiliki 1 direktori default yang sudah disediakan tetapi juga dapat dibuat
subdirektori tambahan. Sementara satu topik juga dapat memiliki banyak file
pendukung dimana setiap file dapat diubah lokasi penempatannya.
Sementara untuk tabel yang berhubungan dengan evaluasi mahasiswa sebaiknya
dibuat tersendiri. Pada basis data yang telah dibuat, ada 2 tabel yang memiliki
fungsi untuk evaluasi yaitu tabel soal_mc dan tabel topik. Salah satu atribut
tabel topik adalah soal_essay yang berisi materi soal essay. Akan lebih baik
apabila tabel untuk soal evaluasi dibuat tersendiri sehingga atribut soal_essay
dikeluarkan dari tabel topik. Selain itu tabel akan menjadi tidak atomik
apabila terdapat lebih dari satu soal_essay.
2.OptimumisasiBasisDataBerdasarkan analisa dan pembahasan basis data pada sub
bab sebelumnya maka dianjurkan untuk melakukan perubahan pada beberapa bagian
basis data. Secara umum ada 2 hal yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan
basis data yaitu:
1.MerubahbasisdataPerubahan tidak perlu sampai merombak basis data. Beberapa
bagian yang perlu diubah adalah bagian untuk melakukan proses organisasi file
pendukung topik dan bagian evaluasi/ujian.
2.Pembenahan tipe data yang ada
Ada beberapa tipe data yang kurang tepat untuk digunakan. Pemberian tipe data
yang tepat akan memaksimalkan kinerja dari server kususnya pada alokasi memori
bagi proses basis data.
Beberapa file yang sebaiknya dirubah diantarnya adalah tabel file_materi,
file_tambahan_eks, file_tambahan, topik, soal_mc, direktori_tambahan, dan
file_subfolder. Berikut adalah usulan tabel yang ditambahkan.
1.topik
Perubahan atribut yang dilakukan pada tabel ini adalah penghapusan atribut
soal_essay, file_download dan nama_file_topik. Tabel ini hanya akan berisi
informasi mengenai topik.
2.lokasiTabel ini berisi mengenai lokasi file yang akan disimpan. Atribut pada
tabel ini adalah kode_lokasi sebagai kunci primer, direktori dan subdirektori.
Pembuatan subdirektori baru dapat menggunakan atribut subdirektori.
3.file_downloadBerisi informasi mengenai file pendukung topik mata kuliah.
Informasi tersebut diantaranya adalah jenis file. File yang akan di-upload
ataupun di-download harus mempunyai jenis apakah itu file audio (diberi kode
AU), file berekstensi pdf (PF), dsb.
4.konektor3Tabel ini merupakan penghubung antara tabel file_download, lokasi
dantopik.
5.soal_mc
Berisi informasi mengenai soal pilihan ganda (multiple choice).
6.soal_essay
Tabel ini berisi informasi mengenai soal essay yang digunakan.
7.konektor4Merupakan penghubung tabel soal_mc, soal_essay dan topik.
Pemberian atribut bagi suatu tabel melihat pada jenis data yang akan dimasukkan
ke tabel serta lebar karakter tersebut. Yang dimaksudkan dengan jenis data
adalah apakah data tersebut merupakan data yang berupa huruf, angka, atau
campuran keduanya. Jenis data juga termasuk kegunaan dari data, apakah data
berupa suatu kalimat panjang, berformat gambar, merupakan penanda waktu,
dll.
Keuntungandiadakannyae-learning
1. Sistem E-Learning juga memberikan fasilitas bagi pengguna (dalam hal ini
dosen) untuk melakukan manajemen pengorganisasian file yang akan di-upload
dengan cara pengguna dapat membuat suatu direktori baru
2. Dosen memiliki wewenang untuk melakukan perubahan dan penambahan materi
kuliah serta soal evaluasi. Sementara peserta pembelajaran bisa mengakses
materi kuliah secara langsung ataupun melalui proses download
3. Tatap muka dosen dengan mahasiswa tidak perlu dilakukan secara langsung,
karena dapat dilakukan dengan system jarak dengan on line.
Kelemahan diadakannya e-learning
Masih mahalnya tarif internet atau jika menggunakan hotspot kampus, masih
terbatasnya jarak koneksi, sehingga bagi mahasiswa yang lokasinya jauh dari
kampus tidak bisa mengakses dengan mudah system e-learning. Selain itu
kemampuan bandwith juga sangat mempengaruhi kenyamanan dalam on line.
2.7 E-COMMERCE
1.Apakah e-commerce (e-dagang)? (what is e-commerce?)
Umumnya orang berfikir e-commerce adalah online shopping - belanja di, membeli
barang melalui Web.Terus terang Web shopping / online shopping sebetulnya hanya
sebagian kecil sekali dari belantara e-commerce. Web shopping yang termasuk di
dalamnya transaksi online stok, men-download software langsung dari web
sebetulnya menghubungkan bisnis ke konsumen ini hanya sekitar 20% dari total
e-commerce, sedang sebagian besar sebetulnya lebih banyak berupa hubungan
dagang bisnis ke bisnis yang memudahkan proses pembelian antar
perusahaan-perusahaan. Banyak orang berharap supaya dimungkinkan terjadinya
transaksi mikro yang memungkinkan orang membayar dalam bentuk recehan –beberapa
ribu / ratus rupiah – untuk mengakses content atau game di Internet.
Transaksi yang sangat hot di e-commerce untuk barang-barang dagangan di
Internet maupun melalui media elektronik lainnya, menurut Simba Information
http://www.simbanet.com/ yang merupakan best seller adalah produk komputer,
produk konsumer, buku dan majalah, musik dan produk entertainment (audio,
video,TV).Dari berbagai statistik yang ada tampaknya e-commerce akan semakin
marak, terutama di amerika serikat tentunya. International Data Corporation
http://www.idc.com/ memprojeksikan bahwa 46 juta orang amerika akan membeli
melalui e-commerce berbagai barang senilai US$ 16 juta di tahun 2001, dan US$54
juta di tahun 2002. Forrester Research http://www.forrester.com/ memprediksikan
sales e-commerce sekitar US$7 juta di tahun 2000. Untuk jangka panjang, Morgan
Stanley Dean Witter http://www.deanwitter.com/ meng-estimasikan penjualan
melalui e-commerce pada tahun 2005 antara US$21 juta s/d US$115juta.Tentunya
bagi Indonesia yang jumlah pengguna Internet-nya masih sedikit belum sebanyak
US, kecuali kalau WARNET-WARNET makin marak. Strategi e-commerce akan menjadi
lain - tampaknya yang menjadi hot sekarang ini justru situs-situs berita,
seperti kompas.com, detik.com. Sebuah permulaan yang baik untuk membangun
community – yang bukan mustahil berlanjut ke focus groups dan e-commerce bisnis
ke bisnis.
2. Apakah pemerintah akan me-regulasi e-commerce? (Is the government going to
regulatee-commerce?)President Clinton barangkali cukup nekad dengan mengajukan
Internet Tax Freedom Act http://www.house.gov/chriscox/nettax/frmain.htm yang
ternyata sangat di setujui oleh Senat Amerika Serikat, undang-undang ini
melarang semua negara bagian dan lokal di amerika untuk memajak informasi &
perdagangan melalui Internet.
Artinya bangsa Amerika Serikat telah menset Internet sebagai Internet Trade
Free Zone, sebuah ide yang cukup gila barangkali – tapi akan sangat effektif
bagi para produsen barang / informasi karena usaha eksport yang mendatangkan
banyak devisa ke negara menjadi sangat baik sekali. Logikanya sederhana sekali
- orang akan berlomba-lomba untuk membeli barang ke negara lain yang harganya
lebih murah.
Bagaimana dengan Indonesia? tampaknya akan menjadi tantangan yang cukup serius
bagi orang-orang pajak di Indonesia karena transaksi-transaksi yang bersifat
intangible melalui Internet sangat sulit di deteksi, semakin hari semakin
banyak transaksi jenis ini terjadi di Internet. E-Commerce yang melibatkan
pemindahan barang cukup mudah di deteksi di pelabuhan atau bandar udara
sehingga dapat di deteksi oleh beacukai / custom, selain itu rasanya sulit.
Kalau saya boleh saran, alangkah cantiknya negara ini kalau sebagian besar
bangsanya bisa menjadi produsen di Internet dan melakukan transaksi dagang /
eksport ke Internet. Tampaknya banyak orang di Indonesia yang belum sadar bahwa
negara tempat kita berdiri sangat banyak menjanjikan hal-hal yang diminati oleh
bangsa lain, apakah itu kekayaan alam-nya, sosial, budaya dll. Contohnya -
apakah ada yang pernah berfikir bahwa harga kepompong kupu-kupu adalah US$7 /
buah-nya? Pak Anshori dari UNILA http://www.unila.ac.id ternyata sangat jeli
melihat hal ini. Masih banyak lagi hal-hal lain yang menarik yang hanya mungkin
dilakukan oleh orang Indonesia di Internet.
3.Seberapa aman e-commerce? (Is e-commerce safe?)
Di media massa cukup banyak berita tentang pembobolan sistem keamanan Internet,
akan tetapi umumnya vendor dan analis komputer berargumentasi bahwa transaksi
di Internet jauh lebih aman daripada di dunia biasa.
Sebenarnya sebagian besar dari pencurian kartu kredit terjadi di sebabkan oleh
pegawai sales yang menghandle nomor kartu kredit tersebut. Sistem e-commerce
sebetulnya menghilangkan keinginan mencuri tadi dengan cara meng-enkripsi nomor
kartu kredit tersebut di server perusahaan. Untuk merchants, e-commerce juga
merupakan cara yang aman untuk membuka toko karena meminimalkan kemungkinan di
jarah, di bakar atau kebanjiran. Hal yang paling berat adalah meyakinkan para
pembeli bahwa e-commerce adalah aman untuk mereka.
Umumnya pengguna kartu kredit tidak terlalu mempercayai-nya, tapi para pakar
e-commerce mengatakan bahwa transaksi e-commerce jauh lebih aman daripada
pembelian kartu kredit biasa. Setiap kali anda membayar menggunakan kartu
kredit di toko, di restauran, di glodok, di mangga dua atau melalui telepon 800
– setiap kali anda membuang resi pembelian kartu kredit – anda sebetulnya telah
membuka informasi kartu kredit tersebut untuk dicuri.
Sejak versi 2.0 dari Netscape Navigator dan Microsoft Internet Explorer,
transaksi dapat di enkripsi menggunakan Secure Sockets Layer (SSL)
http://www.builder.com/Business/Ecommerce20/ss05.html, sebuah protokol yang
akan mengamankan saluran komunikasi ke server, memproteksi data pada saat
dikirimkan melalui Internet. SSL menggunakan public key encryption, salah satu
metoda enkripsi yang cukup kuat saat ini. Untuk melihat apakah sebuah Web site
di amankan menggunakan SSL dapat dilihat pada awal URL digunakan https bukan
http.
Pembuat browser dan perusahaan kartu kredit saat ini mempromosikan sebuah
standar tambahan bagi keamanan di namakan Secure Electronic Transaction (SET)
http://www.builder.com/Business/Ecommerce20/ss05.html. SET akan mengenkode nomor
kartu kredit yang ada di server vendor di Internet – yang hanya dapat membaca
nomor kartu kredit tersebut hanya bank dan perusahaan kartu kredit – artinya
pegawai vendor / merchant tidak bisa membaca sama sekali sehingga kemungkinan
terjadi pencurian oleh vendor menjadi tidak mungkin.
Terus terangnya memang tidak ada sistem e-commerce yang bisa menggaransi
proteksi 100% kepada kartu kredit anda, tapi kemungkinan untuk di copet dompet
anda di toko online akan jauh lebih rendah dibandingkan di tempat biasa.
4. Bagaimana cara saya memulai berjualan secara online? (How do I start selling
online?)
Saat ini banyak sekali produk-produk yang memungkinkan kita mensetup situs
e-commerce dan langsung berjualan dalam waktu beberapa hari / minggu, mulai
dari yang simple, murah hingga mahal dan kompleks.
Para pengusaha kecil mungkin harus melihat jauh diluar ISP-nya untuk melihat
solusi-solusi murah tadi. Contohnya, Forman interactive
http://www.formaninteractive.com/ memberikan produk Internet creator seharga
kurang dari US$150. Perangkat lunak tersebut menggunakan beberapa wizard untuk
menolong anda membuat halaman web yang aman untuk menjual produk anda. Bahkan
jika meletakan halaman web tersebut di server Forman, mereka akan membantu
menangani pembayaran melalui CheckFree http://www.checkfree.com/.
Jika anda sudah siap untuk masuk ke bisnis ini, anda dapat juga menggunakan
yahoo store http://store.yahoo.com/ yang akan memungkinkan anda untuk membangun
situs web untuk bertransaksi melalui browser web di rumah anda. Yahoo akan
berfungsi sebagai host, biaya di sesuaikan dengan jumlah barang yang di jual –
yaitu US$100 / bulan untuk toko yang menjual 50 barang, US$300 / bulan untuk
toko dengan barang sampai dengan 1000 barang.
Solusi-solusi yang murah dan menarik ini juga tampaknya juga diberikan oleh
indosatcom sebuah anak perusahaan dari Indosat yang memfokuskan diri di
e-commerce. Salah satu produk indosatcom adalah EDIWeb menjadi menarik untuk
para pengusaha kecil yang hanya bermodal akses ke WARNET. Telkom juga meluncurkan
plasa.com belum terhitung inisiatif lain seperti Wasantara dll.
Tentunya untuk solusi-solusi komplex yang membutuhkan kemampuan integrasi yang
tinggi antara berbagai proses transaksi yang dilakukan ada banyak perangkat
lunak yang berharga cukup tinggi di antara US$5000 s/d US$100000 cukup untuk
membuat seorang pengusaha kecil jatuh bangkrut.
Tampaknya solusi paling menarik adalah jasa e-commerce hosting yang dijalankan
banyak perusahaan termasuk indosatcom, AT&T
http://www.ipservices.att.com/wss/, MCI http://www.wcom.net/commercehost/, dan
GTE BBN Planet http://www.bbn.com/. Karena resiko & biaya rendah untuk
melakukan e-commerce demikian dikatakan oleh Karl Lewis dari Proxicom
http://www.proxicom.com/ yang merupakan perusahaan konsultan web yang mensetup
situs e-commerce Day-Timer http://www.daytimer.com/ dan extranet untuk Mobil
Oil dan distributor-nya.
5.Adakah standar teknologi untuk e-commerce? (Are there any technology
standards for e-commerce?)
Di samping berbagai standar yang digunakan di Intenet, e-commerce juga
menggunakan standar yang digunakan sendiri, umumnya digunakan dalam transaksi
bisnis-ke-bisnis. Beberapa diantara yang sering digunakan adalah:
Electronic Data Interchange (EDI): dibuat oleh pemerintah di awal tahun 70-an
dan saat ini digunakan oleh lebih dari 1000 perusahaan Fortune di Amerika
Serikat, EDI adalah sebuah standar struktur dokumen yang dirancang untuk
memungkinkan organisasi besar untuk mengirimkan informasi melalui jaringan
private. EDI saat ini juga digunakan dalam corporate web site.
Open Buying on the Internet (OBI): adalah sebuah standar yang dibuat oleh
Internet Purchasing Roundtable yang akan menjamin bahwa berbagai sistem
e-commerce dapat berbicara satu dengan lainnya. OBI yang dikembangkan oleh
konsorsium OBI http://www.openbuy.org/ didukung oleh perusahaan-perusahaan yang
memimpin di bidang teknologi seperti Actra, InteliSys, Microsoft, Open Market,
dan Oracle.
Open Trading Protocol (OTP): OTP dimaksudkan untuk menstandarisasi berbagai
aktifitas yang berkaitan dengan proses pembayaran, seperti perjanjian
pembelian, resi untuk pembelian, dan pembayaran. OTP sebetulnya merupakan
standar kompetitor OBI yang dibangun oleh beberapa perusahaan, seperti
AT&T, CyberCash, Hitachi, IBM, Oracle, Sun Microsystems, dan British
Telecom.
Open Profiling Standard (OPS): sebuah standar yang di dukung oleh Microsoft dan
Firefly http://www.firefly.com/. OPS memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah
profil pribadi dari kesukaan masing-masing pengguna yang dapat dia share dengan
merchant. Ide dibalik OPS adalah untuk menolong memproteksi privasi pengguna
tanpa menutup kemungkinan untuk transaksi informasi untuk proses marketing dsb.
Secure Socket Layer (SSL): Protokol ini di disain untuk membangun sebuah
saluran yang aman ke server. SSL menggunakan teknik enkripsi public key untuk
memproteksi data yang di kirimkan melalui Internet. SSL dibuat oleh Netscape
tapi sekarang telah di publikasikan di public domain.
Secure Electronic Transactions (SET): SET akan mengenkodekan nomor kartu kredit
yang di simpan di server merchant. Standar ini di buat oleh Visa dan
MasterCard, sehingga akan langsung di dukung oleh masyarakat perbankan. Ujicoba
pertama kali dari SET di e-commerce dilakukan di Asia.
Truste http://www.truste.org/ adalah sebuah partnership dari berbagai
perusahaan yang mencoba membangun kepercayaan public dalam e-commerce dengan
cara memberikan cap Good Housekeeping yang memberikan approve pada situs yang
tidak melanggar kerahasiaan konsumen.
6. Istilah apa saja yang perlu saya ketahui? (What buzzwords do I need to
know?)
E-commerce memang penuh dengan berbagai istilah, beberapa diantara-nya adalah:
Digital atau electronic cash: juga dikenal sebagai e-cash, istilah ini
ditujukan untuk beberapa pola / metoda yang memungkinkan seseorang untuk
membeli barang atau jasa dengan cara mengirimkan nomor dari satu komputer ke
komputer yang lain. Nomor tersebut, seperti yang terdapat di mata uang, di
isukan oleh sebuah bank dan merepresentasikan sejumlah uang betulan. Salah satu
kelebihan yang dibawa oleh digital cash adalah sifatnya yang anonymous dan
dapat di pakai ulang, seperti uang cash biasa. Hal ini merupakan perbedaan
utama antara e-cash dengan transaksi kartu kredit melalui Internet. Untuk
informasi lebih lanjut dapat dilihat di PC Webopaedia
http://www.sandybay.com/pc-web/digital_cash.htm.
Digital money: adalah terminologi global untuk berbagai e-cash dan mekanisme
pembayaran elektronik di Internet. Yahoo
http://www.yahoo.com/Business_and_Economy/
Companies/Financial_Services/Transaction_Clearing/Digital_Money/ mencatat
paling tidak ada 21 perusahaan yang memberikan jasa digital money di Internet.
Disintermediation: adalah proses untuk memotong jalur perantara. Kira-kira pada
saat perusahaan yang berbasiskan web membypass kanal retail tradisional dan
menjual secara langsung ke pelanggan / pembeli, maka perantara tradisional –
seperti toko dan jasa mail order – akan kehilangan pekerjaan.
Electronic checks: pada saat ini sedang di ujicoba oleh CyberCash
http://www.cybercash.com/, sistem check elektronik seperti PayNow akan
mengambil uang dari account check di bank pelanggan untuk membayar PAM atau
telepon.
Electronic wallet: Pola pembayaran – seperti CyberCash Internet Wallet
http://www.cybercash.com/, akan menyimpan nomor kartu kredit anda di harddisk
anda dalam bentuk terenkripsi yang aman. Anda akan dapat melakukan
pembelian-pembelian pada situs Web yang mendukung electronic wallet tersebut.
Jika anda ingin membeli sesuatu pada toko yang mendukung electronic wallet,
maka pada saat menekan tombol Pay maka proses pembayaran melalui kartu kredit
akan dilakukan transaksinya secara aman oleh server perusahaan electronic
wallet. Vendor browser pada saat ini telah berusaha untuk melakukan negosiasi
untuk memasukan teknologi e-wallet tadi ke produk mereka.
Extranet: adalah sebuah kelanjutan dari intranet perusahaan yang mengkaitkan
jaringan internal satu perusahaan dengan jaringan internal supplier mereka
maupun pelanggan mereka. Dengan cara itu sangat mungkin untuk mengembangkan
aplikasi e-commerce yang memungkinkan menyambungkan semua aspek bisnis, dari
proses pemesanan hingga pembayaran.
Micropaymet: transaksi dalam jumlah kecil antara beberapa ratus rupiah hingga
puluhan ribu rupiah, misalnya untuk mengambil / mengakses grafik, game maupun
informasi. Pay-as-you-go micropayment seharusnya akan membuat revolusi di dunia
e-commerce. Contohnya ESPN SportsZone http://espn.sportszone.com/ menggunakan
CyberCoin untuk membayar US$1 untuk mengaskses situs mereka selama satu hari –
tanpa perlu membayar penuh langganan bulanan. Kenyataan di lapangan sebagian
besar pelanggan yang potensial tidak terlalu bersedia untuk bermain-main dengan
micropayment.
7. Bagaimana cara usaha kecil mengambil keuntungan dari e-commerce? (How can
small businesses take advantage of e-commerce?)
Ternyata bukan hanya perusahaan besar saja yang berkecimpung dalam e-commerce
tapi juga banyak pengusaha kecil yang berkiprah dengan Web sederhana, dan situs
kacangan.
Seringkali yang dibutuhkan untuk sukses hanya promosi sederhana agar terlihat
oleh para pelanggan. Berita mulut ke mulut, posting di newsgroup, dan
mendaftarkan diri di search engine cukup sudah untuk menarik pelanggan ke situs
anda.
Sebuah contoh sederhana yang bisa ditampilkan adalah Kevin Donlin seorang
penulis dan Web developer yang membuat Guaranteed Resumes
http://www.gresumes.com/ di Internet berawal dari tahun 1994. Saat ini dia
memperoleh sekitar 100 pendatang setiap hari dan memperoleh sebagian dari
pemasukannya dari bisnis penulisan resume.
Keberhasilan Donlin terletak pada keberhasilan dalam menekan serendah-rendahnya
biasa yang dibutuhkan. Server yang digunakan diletakan di ISP lokal, dan
pelanggan berdatangan dari seluruh penjuru dunia. Transaksi kartu kredit
dilakukan menggunakan swipe terminal yang dia sewa seharga US$30 / bulan – tapi
tidak perlu menggunakan jasa pihak ketiga untuk mengambilkan dana dari kartu
kredit.
Tentunya masih banyak sekali cerita-cerita menarik seperti yang dialami oleh
Kevin tersebut.
8. Apa penghalang utama untuk melakukan e-commerce? (What are the biggest
barriers to e-commerce?)
Menurut survey yang dilakukan oleh CommerceNet http://www.commerce.net/ para
pembeli / pembelanja belum menaruh kepercayaan kepada e-commerce, mereka tidak
dapat menemukan apa yang mereka cari di e-commerce, belum ada cara yang mudah
dan sederhana untuk membayar. Di samping itu, surfing di e-commerce belum
lancar betul.
Pelanggan e-commerce masih takut ada pencuri kartu kredit, rahasia informasi
personal mereka menjadi terbuka, dan kinerja jaringan yang kurang baik. Umumnya
pembeli masih belum yakin bahwa akan menguntungkan dengan menyambung ke
Internet, mencari situs shopping, menunggu download gambar, mencoba mengerti
bagaimana cara memesan sesuatu, dan kemudian harus takut apakah nomor kartu
kredit mereka di ambil oleh hacker.
Tampaknya untuk meyakinkan pelanggan ini, e-merchant harus melakukan banyak
proses pemandaian pelanggan. Walaupun demikian Gail Grant, kepala lembaga
penelitian di CommerceNet http://www.commerce.net/ meramalkan sebagian besar
pembeli akan berhasil mengatasi penghalang tersebut setelah beberapa tahun
mendatang.
Grant mengatakan jika saja pada halaman Web dapat dibuat label yang memberikan
informasi tentang produk dan harganya, akan sangat memudahkan untuk search
engine menemukan sebuah produk secara online. Hal tersebut belum terjadi memang
karena sebagian besar merchant ingin agar orang menemukan hanya produk mereka
tapi bukan kompetitor-nya apalagi jika ternyata harga yang diberikan kompetitor
lebih murah.
Untuk sistem bisnis-ke-bisnis, isu yang ada memang tidak sepelik di atas, akan
tetapi tetap ada isu-isu serius. Seperti para pengusaha belum punya model yang
baik bagaimana cara mensetup situs e-commerce mereka, mereka mengalami
kesulitan untuk melakukan sharing antara informasi yang diperoleh online dengan
aplikasi bisnis lainnya. Masalah yang barangkali menjadi kendala utama adalah
ide untuk sharing informasi bisnis kepada pelanggan dan supplier – hal ini
merupakan strategi utama dalam sistem e-commerce bisnis ke bisnis.
Kunci utama untuk memecahkan masalah adalah merchant harus menghentikan
pemikiran bahwa dengan cara menopangkan diri pada Java applets maka semua
masalah akan solved, padahal kenyataannya adalah sebetulnya merchant harus
me-restrukturisasi operasi mereka untuk mengambil keuntungan maksimal dari
e-commerce. Grant mengatakan, "E-commerce is just like any automation – it
amplifies problems with their operation they already had."
9. Siapa yang kalah jika pengusaha berpindah kepada bisnis online? (Who stands
to lose from businesses moving online?)
Perusahaan yang akan secara langsung dirugikan oleh e-commerce adalah agen
perjalanan, tiket bioskop, katalog mail-order, dan toko retail – terutama toko
perangkat lunak. Mungkin kalau di Indonesia yang terasa hanya bagi agen
perjalanan & bisnis sekitar turis. E-commerce dengan nyata telah
mempengaruhi teritori bisnis tersebut. Menurut laporan Forrester Research
http://www.forrester.com/ prediksi penjualan di sales & tiket perjalanan
melalui Internet akan naik dari US$475 juta di tahun 1997 ke US$10 milyar di
tahun 2001. Angka tersebut merepresentasikan 8% dari semua penjualan tiket
perjalanan di US.
Kalau Bill Gates mengatakan e-commerce akan menghilangkan perantara
(middleman). Kalau buzzword sekarang ini adalah disintermediation http://www.builder.com/Business/Ecommerce20/ss06.html,
cara mengatakan bahwa siapapun yang berada di antara pembeli dan penjual akan
memperoleh masalah besar. Akan tetapi jika kita melihat lebih lebih dalam lagi
akan terlihat bahwa sebenarnya e-commerce akan menciptakan pola perantara yang
baru.
Cerita sukses e-commerce, seperti amazon.com http://www.amazon.com/, sebetulnya
merupakan bentuk lain dari sebuah proses perantara. Amazon.com tidak
menerbitkan buku. Mereka semua umumnya hanyalah sebuah distributor online saja.
Tampaknya e-middleman harus mendemonstrasikan bahwa mereka menambahkan nilai
dalam proses pembelian, melalui marketing, customer service, juga metoda-metoda
lain. Kalau tidak maka pelanggan akan memutuskan modem-nya dan tidak akan
menggunakan jasa mereka lagi.
10. Bagaimana masa depan e-commerce? (What is the future of e-commerce?)
Tampaknya e-commerce mempunyai masa depan yang cerah. Jika berbagai detail dari
perdagangan online ini dapat di selesaikan maka bukan mustahil e-commerce dan
Internet akan mengubah struktur dunia usaha secara global.
Dengan perkembangan masyarakat virtual yang demikian besar – banyak orang yang
berpartisipasi dalam berbagai interest group online – memperlihatkan pergeseran
pardigma dari kekuatan ekonomi yang bertumpu pada pembuat / manufacturer ke
kekuatan pasar. Paling tidak demikian yang dilihat oleh John Hagel dan Arthur
Armstrong, sepasang analis dari McKinsey http://www.mckinsey.com/ sebuah
perusahaan konsultan manajemen internasional.
Masyarakat virtual telah memperlihatkan effek-nya. Situs investment seperti
Motley Fool http://www.fool.com/ memungkinkan anggota untuk bertukar pengalaman
tanpa melalui broker / perantara. ParentsPlace http://www.parentsplace.com/
merupakan tempat pertemuan para orang tua yang akhirnya memberikan kesempatan
pada vendor-vendor kecil untuk mencapai pelanggan potensial mereka untuk produk
yang sangat spesifik seperti makanan bayi dan shampo.
Masyarakat virtual akan menggoyang kehebatan divisi marketing dan penjualan di
perusahaan-perusahaan besar. Justru perusahaan-perusahaan kecil dengan produk
yang lebih baik dan customer service yang baik akan dapat menggunakan
masyarakat virtual ini untuk mengalahkan perusahaan besar – sesuatu yang cukup
sulit dimengerti di dunia nyata.
Dalam bukunya Net Gain: Expanding Markets Through Virtual Communities, yang
dipublikasikan oleh Harvard Business School Press, Hagel dan Armstrong
berargumen bahwa daripada melawan trend yang ada, perusahaan yang pandai akan
membantu terbentuknya virtual community ini dan menggunakannya untuk mencapai
pelanggannya.
Konsep Ecommerce
Ecommerce, atau Electronic Commerce merupakan salah satu teknologi yang
berkembang pesat dalam dunia per-internet-an. Penggunaann sistem E-Com, begitu
biasanya Ecommerce disingkat, sebenarnya dapat menguntungkan banyak pihak, baik
pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Di Indonesia,
sistem Ecom ini kurang populer, karena banyak pengguna internet yang masih
menyangsikan keamanan sistem ini, dan kurangnya pengetahuan mereka mengenai apa
itu E-Com yang sebenarnya.
Bagi pihak konsumen, menggunakan E-Com dapat membuat waktu berbelanja menjadi
singkat. Tidak ada lagi berlama-lama mengelilingi pusat pertokoan untuk mencari
barang yang diinginkan. Selain itu, harga barang-barang yang dijual melalui
E-Com biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga di toko, karena jalur
distribusi dari produsen barang ke pihak penjual lebih singkat dibandingkan
dengan toko konvensional.
Online shopping menyediakan banyak kemudahan dan kelebihan jika dibandingkan
dengan cara belanja yang konvensional. Selain bisa menjadi lebih cepat, di
internet telah tersedia hampir semua macam barang yang biasanya dijual secara
lengkap. Selain itu, biasanya informasi tentang barang jualan tersedia secara
lengkap, sehingga walaupun kita tidak membeli secara on-line, kita bisa
mendapatkan banyak informasi penting yang diperlukan untuk memilih suatu produk
yang akan dibeli.
Mekanisme E-Commerce
Ecommerce, atau Electronic Commerce merupakan salah satu teknologi yang
berkembang pesat dalam dunia per-internet-an. Penggunaann sistem E-Com, begitu
biasanya Ecommerce disingkat, sebenarnya dapat menguntungkan banyak pihak, baik
pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Di Indonesia,
sistem Ecom ini kurang populer, karena banyak pengguna internet yang masih
menyangsikan keamanan sistem ini, dan kurangnya pengetahuan mereka mengenai apa
itu E-Com yang sebenarnya.
Bagi pihak konsumen, menggunakan E-Com dapat membuat waktu berbelanja menjadi
singkat. Tidak ada lagi berlama-lama mengelilingi pusat pertokoan untuk mencari
barang yang diinginkan. Selain itu, harga barang-barang yang dijual melalui
E-Com biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga di toko, karena jalur
distribusi dari produsen barang ke pihak penjual lebih singkat dibandingkan
dengan toko konvensional.
Online shopping menyediakan banyak kemudahan dan kelebihan jika dibandingkan
dengan cara belanja yang konvensional. Selain bisa menjadi lebih cepat, di
internet telah tersedia hampir semua macam barang yang biasanya dijual secara
lengkap. Selain itu, biasanya informasi tentang barang jualan tersedia secara
lengkap, sehingga walaupun kita tidak membeli secara on-line, kita bisa
mendapatkan banyak informasi penting yang diperlukan untuk memilih suatu
Pembeli yang hendak memilih belanjaan yang akan dibeli bisa menggunakan
‘shopping cart’ untuk menyimpan data tentang barang-barang yang telah dipilih
dan akan dibayar. Konsep ‘shopping cart’ ini meniru kereta belanja yang
biasanya digunakan orang untuk berbelanja di pasar swalayan. ‘Shopping cart’
biasanya berupa formulir dalam web, dan dibuat dengan kombinasi CGI, database,
dan HTML. Barang-barang yang sudah dimasukkan ke shopping cart masih bisa
di-cancel, jika pembeli berniat untuk membatalkan membeli barang
tersebut.
Jika pembeli ingin membayar untuk barang yang telah dipilih, ia harus mengisi
form transaksi. Biasanya form ini menanyakan identitas pembeli serta nomor
kartu kredit. Karena informasi ini bisa disalahgunakan jika jatuh ke tangan yang
salah, maka pihak penyedia jasa e-commerce telah mengusahakan agar pengiriman
data-data tersebut berjalan secara aman, dengan menggunakan standar security
tertentu.
Setelah pembeli mengadakan transaksi, retailer akan mengirimkan barang yang
dipesan melalui jasa pos langsung ke rumah pembeli. Beberapa cybershop
menyediakan fasilitas bagi pembeli untuk mengecek status barang yang telah
dikirim melalui internet.
Software untuk Pembuatan E-Commerce
Dalam pembuatan ‘toko’ di internet (atau biasa disebut dengan istilah
cybershop), diperlukan software-software tertentu untuk mengatur inventarisasi
barang dan proses transaksi jual beli barang. Di pasaran, sudah terdapat
software-software khusus untuk membuat sistem E-Com, seperti Intershop Online
keluaran Intershop Communications, Merchant Server keluaran Microsoft Corp, dan
Electronic Commerce Suite keluaran iCat. Software-software itu khusus dijual
kepada pihak-pihak yang berniat membangun cybershop, dan dijual dengan harga
ribuan dollar. Pada umumnya software-software untuk pembuatan E-Commerce ini
menggunakan database untuk penyusunan katalog. Database yang digunakan biasanya
adalah DB2, Oracle, atau SQL.
Alternatif Pembayaran untuk E-Commerce
Untuk pembayaran, e-commerce menyediakan banyak alternatif. Caranya adalah
dengan terlebih dahulu mendaftar sebagai customer pada web tersebut. Pembeli
yang telah mempunyai kartu kredit dapat menggunakan kartu tersebut untuk
pembayaran. Selain kartu kredit, alternatif lainnya adalah dengan menggunakan
e-cash. E-cash sebenarnya merupakan suatu account khusus untuk pembayaran
melalui internet. Account tersebut dibuka dengan menggunakan kartu kredit yang
dipunyai sebelumnya. Customer hanya perlu mengisi pada account e-cashnya untuk
digunakan.
Alternatif lain dalam pembayaran di internet adalah dengan menggunakan
smartcard. Di Singapura, smartcard dikenal dengan istilah cash card. Pemakaian
smartcard ini hampir sama dengan pemakaian kartu ATM yang biasa dipakai untuk
berbelanja, yaitu pada saat transaksi, uangnya didebet langsung dari account di
bank. Untuk pembayaran di internet, user harus memiliki ‘smart card reader’.
Dalam pemakaiannya, alat khusus ini disambungkan ke port serial di komputer.
Pada saat melakukan transaksi, kartu smart card harus digesekkan ke alat
tersebut, sehingga chip yang terdapat di kartu dapat dibaca oleh komputer.
Untuk softwarenya, digunakan software bernama ‘e-wallet’. Contoh web site yang
telah menyediakan smartcard untuk pembayaran adalah
http://www.discvault.com.
Selain dengan ketiga cara di atas, terdapat alternatif pembayaran yang relatif
baru dan belum begitu populer. Alternatif ini adalah penggunaan iCheck, yaitu
metode pembayaran dengan menggunakan cek. Pembayaran ini membutuhkan nomor cek
milik customer. Web site yang menyediakan penjelasan mengenai cara pembayaran
ini adalah http://www.icheck.com.
Keamanan di E-Commerce
Dalam prakteknya, berbelanja di web memerlukan koneksi ke internet dan browser
yang mendukung transaksi elektronik yang aman, seperti Microsoft Internet
Explorer dan Netscape Navigator. Microsoft dan Netscape, bekerja sama dengan
perusahaan kartu kredit (Visa dan MasterCard), serta perusahaan-perusahaan
internet security (seperti VeriSign), telah membuat standar enkripsi khusus
yang membuat transaksi melalui web menjadi sangat aman. Bahkan, Visa dan
MasterCard menyediakan jaminan keamanan 100% kepada pengguna credit cardnya
yang menggunakan e-com.
Yang menandakan suatu retailer web site aman atau tidak adalah adanya tanda
khusus yang muncul di status bar di bagian bawah layar browser. Pada IE, tanda
yang muncul adalah tanda gembok terkunci di pojok kanan status bar. Sedangkan
pengguna Netscape Navigator, akan melihat tanda kunci di pojok kiri status bar.
Jika tanda-tanda tersebut muncul, berarti Anda sedang ter-connect pada server
yang aman. Walaupun begitu, karena standar yang dipakai untuk secure connection
ini relatif baru, belum semua cybershop menggunakan standar ini.
Kumpulan dari banyak cybershop yang telah terintegrasi dinamakan cybermall.
Beberapa cybermall akan mengecek terlebih dahulu legitimasi dari cybershop yang
akan masuk, sehingga dapat menghindari adanya cybershop yang palsu. Beberapa
cybermall juga menyediakan jasa-jasa tambahan, seperti billing atau tagihan
yang tersentralisasi, menjadikan proses belanja menjadi lebih mudah dan
aman.
Mekanisme SET
Standar enkripsi yang digunakan dalam e-commerce pada saat ini adalah SET
(Secure Electronic Transaction). Selain digunakan untuk pembayaran dengan
credit card, SET juga digunakan untuk pembayaran dengan smartcard. Dengan
menggunakan SET, kerahasiaan informasi customer (berupa nama dan nomor
kartunya) bisa dijaga. SET juga bisa menjaga autotentifikasi atau identitas
penjual dan customer, sehingga tidak bisa disalahgunakan oleh sembarang orang.
SET menggunakan suatu kriptografi khusus yang dinamakan asymmetric cryptography
untuk menjamin keamanan suatu transaksi. Asymmetric cryptography ini juga
disebut dengan nama Public-key Cryptography. Enkripsi ini menggunakan dua
kunci/key (yaitu kode), satu kunci digunakan untuk meng-enkripsi data, dan
kunci lainnya untuk men-dekripsi data tersebut. Kedua kunci tersebut terhubung
secara matematis dengan rumus tertentu, sehingga data yang telah di-enkripsi
oleh suatu kunci hanya bisa di-dekripsi dengan menggunakan kunci
pasangannya.
Setiap user mempunyai dua kunci, yaitu puclic key dan private key. User dapat
menyebarkan public key secara bebas. Karena adanya hubungan yang khusus antara
kedua kunci, user dan siapa pun yang menerima public key tersebut mendapat jaminan
bahwa data yang telah dienkripsi dengan suatu public key dan dikirimkan ke user
hanya bisa didekripsi oleh private key. Keamanan ini terjamin selama user dapat
menjaga kerahasiaan private key. Pasangan key ini harus dibuat secara khusus
oleh user. Algoritma yang biasanya digunakan untuk pembuatan key adalah
algoritma RSA (dinamakan berdasarkan inisial pembuatnya, yaitu : Rivest,
Shamir, dan Adleman).
Artinya, suatu pihak pengelola e-commerce yang menggunakan SET, harus membuat
pasangan key khusus untuk webnya. Public key akan disebarkan, dan hal ini
biasanya dilakukan melalui penyebaran web browser. Public key disertakan secara
gratis untuk setiap web browser, dan telah tersedia jika browser tersebut
diinstall. Private key, pasangan untuk pasangan public key tersebut disimpan
oleh pengelola e-com.
Jika pembeli menggunakan browser untuk mengirim form transaksi, pembeli
tersebut akan menggunakan public key yang telah tersedia di web browsernya.
Orang lain yang tidak mempunyai private key pasangannya, tidak akan bisa
men-dekripsi data form yang dikirim dengan public key tersebut. Setelah data
sampai ke pengelola e-com, data tersebut akan di-dekripsi dengan menggunakan
private key. Artinya, hanya pengelola e-com yang bisa mendapatkan data itu
dalam bentuk yang sebenarnya, dan data identitas serta nomor kartu kredit
customer tidak akan jatuh ke tangan yang tidak berhak.
E-Com di Indonesia
Sampai saat ini, web resmi yang telah menyelenggarakan e-commerce di Indonesia
adalah RisTI Shop. Risti, yaitu Divisi Riset dan Teknologi Informasi milik PT.
Telkom, menyediakan prototipe layanan e-commerce untuk penyediaan informasi
produk peralatan telekomunikasi dan non-telekomunikasi. Web ini juga telah
mendukung proses transaksi secara online.
Selain RisTI, tampaknya belum ada web lain yang menyelenggarakan e-com di
Indonesia. Padahal, untuk membuat sistem e-com, investasi yang dikeluarkan
tidak sebesar membangun suatu toko yang sebenarnya. Selain itu, lingkup
pemasaran produknya bisa jauh lebih luas, karena tidak terbatas pada satu kota
tertentu. Selain itu, biaya penyelenggaraan dan promosi pada e-com juga lebih
kecil jika dibandingkan dengan sistem toko yang konvensional. Dengan banyak hal
yang menguntungkan tersebut, diharapkan di Indonesia akan ada pihak-pihak
tertentu yang bisa membuat dan mengelola e-commerce, sehingga akan
menguntungkan semua pihak di Indonesia, baik penjual maupun pembeli.
2.7E-BANKING
Dalam tulisan ini, saya ingin membahas beberapa kemungkinan di dunia perbankan
yang mungkin dikembangkan lebih lanjut dengan perkembangan ekonomi yang mulai
banyak berbasis pada teknologi informasi. Tentunya di luar hal-hal yang sudah
umum di dunia perbankan saat ini, seperti infrastruktur ATM bersama dll. Secara
umum akan ada dua (2) hal besar di dunia perbankan yang dapat terasa
manfaatnya,
1. Interaksi di sisi customer / client.
2. Beberapa isu interaksi / clearing antar Bank.
Hal yang paling kritis dalam aplikasi keuangan / perbankan terutama adalah
masalah security. Kegagalan sisi keamanan jaringan akan dapat menyebabkan
kerugian yang tidak sedikit bagi industri perbankan. Secara umum arsitektur
keamanan jaringan sebetulnya cukup kompleks. Untuk melihat tingkat kompleksitas
teknologi keamanan jaringan, dapat dilihat dengan seksama berbagai komponen keamanan
jaringan pada gambar terlampir.
Secara umum ada empat (4) aspek keamanan jaringan, yaitu:
• Penetration testing
• Certificate Authority / PKI
• Vulnerability Testing
• Managed Security Services
Masing-masing aspek
akan mencakup yang yang cukup kompleks, misalnya, aspek Penetration Testing
meliputi Active Content Monitoring / Filtering, Intrusion Detection – Host
Based, Firewall, Intrusion Detection – Network Based, Authorization, Air Gap
Technology, Network Authentication, Security Appliances. Aspek Certificate
Authority / Public Key Infrastructure meliputi hal Certificate Authority, File
& Session Encryption, VPN & Cryptographic Communications, Secure Web
Servers, Single Sign On, Web Application Security. Tentunya merupakan cabang
ilmu tersendiri untuk menjamin sebuah infrastruktur yang sangat aman. Saran
bagi pembaca yang ingin mendalami lebih lanjut, sangat di sarankan untuk
membaca-baca http://www.sans.org dan http://rr.sans.org. Bagi pembaca yang
ingin melihat bagaimana teknik-teknik hacking yang terbaru mungkin ada baiknya
membaca http://packetstormsecurity.org. Mohon berhati-hati dalam mendalami ilmu
keamanan jaringan jangan sampai terbakar sendiri.
Sebagian besar dari teknologi keamanan jaringan sebetulnya tersedia secara
terbuka (open source). Misalnya untuk certicicate authority / PKI saya biasanya
menggunakan openSSL; Untuk secure web transaction biasanya digunakan standard
secure HTTP (https); untuk membangun Virtual Private Network antar bank
biasanya digunakan Free Secure Wide Area Network (FreeSWAN). Semua biasanya
tersedia di berbagai distribusi Linux.
Dengan menguasai teknik keamanan jaringan dan mampu membuat aman-nya jaringan
maka bukan mustahil kita dapat lebih mengeffisienkan infrastruktur backoffice
industri perbankan. Bukan mustahil kita dapat menggunakan infrastruktur yang
berbasis Internet dan IntraNet sebagai backbone infrastruktur per bankan.
Terutama untuk menjangkau bank-bank cabang atau bank bergerak di daerah urban,
sub-urban bahkan daerah rural dan remote jika di inginkan.
Yang akan menjadi lebih seru lagi adalah jika clearning antar Bank yang
biasanya dilakukan melalui Bank Indonesia dapat dikembangkan secara online.
Setahu saya hal ini sedang terjadi di Bank Indonesia. Yang tentunya akan
menjadi tantangan yang lumayan membuat kepala pusing para pimpinan Bank yang
biasanya mempunyai background non-teknik. Dengan semakin effisien-nya mekanisme
clearning, maka jumlah transaksi akan dapat berlipat ganda dalam waktu yang jauh
lebih singkat.
Di sisi pelanggan / pengguna jasa Bank, perkembangan teknologi tidak kalah
menarik. Secara umum ada dua (2) teknologi yang menjadi basis interaksi dunia
perbankan dengan pelanggannya agar dapat dilakukan transaksi secara on-line dan
transaksional, yaitu,
• Selular Telepon.
• Internet
Secara umum telepon selular menjadi lebih menarik karena jumlah pelanggan yang
lebih dari 10 juta pelanggan, sedang Internet hanya sekitar 4 juta saja. Bahkan
berdasarkan berita di http://www.cellular-news.com, menurut CSFB, Indonesia
termasuk yang mempunyai potensi yang sangat besar, rangking ke dua di Asia
Pacific bagi pertumbuhan pengguna selular dengan tambahan sekitar 2.14
pelanggan di akhir tahun 2002 yang lalu. Tentunya akan bertambah seru lagi dengan
semakin banyaknya operator yang menggelar infrastruktur selular.
Internet banking, melalui web dan e-mail, dapat menjadi fasilitas transaksi
terutama untuk corporate customer karena pada hari ini cukup banyak kantor yang
sudah on-line 24 jam ke Internet. Teknologi keamanan jaringan yang di jelaskan
di atas juga telah cukup mapan, terutama jika digunakan enkripsi dengan panjang
kunci 128 bit pada akses web bertumpu pada teknologi OpenSSL; 1024 bit pada
transaksi e-mail bertumpu pada teknologi GnuPG di tambah teknologi One Time
Password, seperti BCA-key di BCA, cukup handal untuk menjamin keamanan
transaksi. Seperti hal-nya corporate banking lainnya sangat di untungkan karena
transaksi yang diproses tidak banyak tapi mengalirkan uang dengan berjumlah
sangat besar. Transaksi jenis ini justrun yang paling menguntungkan untuk dunia
perbankan karena termasuk kategori transaksi Business To Business (B2B).
Berbeda dengan InterNet Banking, pada end-user atau customer biasa, aplikasi
yang jelas-jelas akan menjangkau banyak massa adalah Short Message Services
(SMS) yang jelas akan menjangkau banyak sekali pelanggan. Salah satu keuntungan
dengan adanya teknologi selular bagi dunia pelanggan adalah sistem authentikasi
yang sudah built-in dalam infrastruktur telepon selular. Authentikasi akan
sangat memudahkan bagi dunia perbankan untuk melakukan mapping antara pelanggan
/ client antara dunia perbankan dengan dunia selular melalui nomor telepon dan
nomor account.
Ada cukup banyak forum open standar untuk transaksi SMS, MMS, WAP yang
menstandarisasi teknologi messaging antar pengguna selular telepon, diantaranya
adalah http://www.openmobilealliance.org, http://www.smsforum.net dan
http://www.nowsms.com. Bagi mereka yang ingin membuat sendiri gateway WAP dan
SMS menggunakan solusi open source yang terbuka dapat berexperimen dan
mencobanya dari http://www.kannel.org.
Adanya Internet Banking dan Mobile Banking akan menjadi lebih semarak lagi,
jika saja ada kerjasama yang cukup erat antara dunia perbankan, operator
selular, operator Internet dengan berbagai service provider, software house
untuk mengembangkan aplikasi yang lebih terintegrasi dari berbagai layanan.
Contoh sederhana, memberikan informasi perbankan, apakah itu kurs valuta asing,
bunga bank, proses peminjaman uang, bunga deposit dll melalui SMS, e-mail, Web.
Pada tingkat yang lebih kompleks mendukung transaksi pembelian barang,
penjualan barang dengan transaksi keuangan melalui SMS, tidak hanya tergantung
pada mekanisme kartu debet atau kartu kredit yang biasa. Barangkali ini
merupakan perkembangan menuju mobile commerce. Tentunya dibutuhkan service
provider atau software house yang mampu membangun payment gateway terutama
melalui SMS antara bank, penjual dan pembeli. Terutama karena mobile commerce
termasuk kategori transaksi business to customer (B2C).
2.8VIDEOSTREAMING
2.8.1PENGERTIAN
Live streaming adalah tayangan langsung yang di-broadcast kepada banyak orang
(viewers) dalam waktu yang bersamaan dengan kejadian aslinya, melalui media
data komunikasi (network) baik yang terhubung dengan cable atau wireless.
VIDEO STREAMING MENGGUNAKAN FLASH DAN PROTOKOL HTTP
HTTP adalah protokol standar web yang digunakan teknologi web untuk keperluan
sharing dan streaming video contoh YouTube, Google Video, dan website sharing
video lainnya. Karena protokol inilah yang paling mudah diakses dari manapun. Beberapa
firewall menutup port-port yang tidak umum namun port 80 yang digunakan oleh
protokol HTTP hampir tidak pernah ditutup kecuali memang firewall tidak
mengijinkan internet dalam jaringan mereka. Dengan demikian sepanjang user
terhubung internet maka mereka dapat dengan mudah menonton video tersebut
dimanapun dan kapanpun.
Dulu streaming video menggunakan protokol RTMP seperti yang digunakan pada Real
dan Flash Media Server. Teknologi ini penggunaannya tidak meluas dikarenakan
untuk menggunakannya memerlukan installasi software khusus seperti real player.
Kelebihannya, protokol ini bisa memberikan livestreaming untuk keperluan live
broadcasting. Teknologi inilah yang biasa digunakan untuk video tele conference
Sedangkan saat ini penggunaan video pada web merupakan trend yang sedang
meningkat di internet. Menggunakan FLV sebagai format video dan Flash sebagai
player video memberi kemudahan dalam menyajikan konten video lewat internet.
Dengan menempelkan video pada website dan dijalankan dengan flash player
membuat video dapat ditonton kapanpun dan dimana pun.
Membuat aplikasi flash video player cukup mudah bila cuma menggunakan
progressive download. Progressive download adalah teknik yang digunakan pada
Youtube untuk memutar video. Video didownload dan langsung dijalankan tanpa
harus menunggu video selesai di download. Selama video dijalankan , secara
background flash mendownload bagian sisanya dan disimpan dalam buffer. Bagian
video di dalam buffer ini yang akan diputar oleh Flash Player. Karena sudah lokal
maka pemutaran video dari buffer bisa lebih cepat. Selain itu progressive
download bisa melakukan cache pada video sehingga video tidak harus di download
terlebih dahulu bila akan diputar lagi.
Kekurangan progressive download adalah tidak dapat melihat bagian video yang
belum didownload oleh player. Dengan kata lain kita harus menunggu video untuk
mendownload hingga selesai bila kita hanya ingin melihat bagian belakang video.
Untuk itu dikembangkan teknik lain yaitu PSEDUO HTTP Streaming. Teknik ini memasukkan
meta-tag atau kode yang memberi informasi bagian-bagian video. Dengan memberi
url request http://thinkrooms.com/myvideo.flv?start= 10 maka player langsung
mengambil video dimulai dari bagian 10. Dengan demikian kita bisa melihat
bagian video yang mana saja tanpa harus menunggu hingga bagian tersebut selesai
di download. Teknik ini membutuhkan bantuan PHP atau web server seperti APACHE
dan LIGHTTPD.
Kemampuan flash dijalankan di web hingga di handphone membuat kita dapat
membuat aplikasi multimedia yang dapat dijalankan dimana saja. Kelebihan ini
membuat populeritas flash melonjak naik. Ada isu pembelian Macromedia oleh
Adobe dikarenakan teknologi flash video. Namun apapun itu, teknologi flash yang
terus berkembang memberi kemudahan kita sebagai developer dalam mengembangkan
aplikasi lebih mudah dan lebih baik.
BABIII
PENUTUP
A.KESIMPULAN
Dari pembahasan diatas dapat diambil kesimpulan, antara lain:
1. Bahwa perkembangan internet merupakan suatu keniscayaan dari perkembangan budaya
manusia
2. Bahwa penggunaan internet sangatlah penting dalam kehidupan manusia
3. Bahwa masih belum masyarakat Indonesia yang bisa menggunakan fasilitas
internet, misalnya e-banking dan e-commerce
4. Factor keamanan atau security memang masih menjadi masalah besar dalam dunia
internet, dunia carding dan pembobolan situs adalah kejahatan yang lazim
diduniamaya
B.SARAN
1. Hendaknya kita lebih berhati-hati dalam menggunakan internet
2. Hendaknya Pemerintah membuat suatu regulasi yang tegas dalam dunia maya,
misalnya membuat undang-undang transaksi elektronik
3. Hukuman bagi para penjahat dunia maya, hendaknya ditegakkan dengan
seadil-adilnya
4. Semoga dapat memberikan tambahan wawasan kepada semua pihak